Test Feature Post 1

Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones, eam mucius malorum id. Quo ea idque commodo utroque, per ex eros etiam accumsan.
Read more

Test Feature Post 3.

Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones, eam mucius malorum id. Quo ea idque commodo utroque, per ex eros etiam accumsan.
Read more

Test Feature Post 4.

Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones, eam mucius malorum id. Quo ea idque commodo utroque, per ex eros etiam accumsan.
Read more

Selamat Datang Di Blog Cerita Seato !

Rabu, 20 Maret 2013

Resensi buku IPA (BSE)

Posted 08.01 | Posted by Seato Graha Putra Bakti



Judul        : Contextual Teaching and Learning IPA VII
Penulis     : Wasis, M.Ibrahim, Sukarmin, Fida Rahmawati,dll
Penerbit   : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional   
Tahun       : 2008
Kelas        : VII (Tujuh)


Buku IPA ini ditulis untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang ditargetkan. Karena berbasis kompetensi, buku ini tidak hanya memperhatikan penguasaan konsep, tetapi secara utuh juga membangun sikap dan keterampilan proses siswa.

Tiga hal yang sangat diperhatikan selama penulisan buku IPA ini adalah :

A. Buku dirancang untuk mendukung pembelajaran kontekstual. Karena alasan tersebut, setiap konsep dihubungkan dengan situasi dunia nyata yang dihadapi siswa. Tugas-tugas yang diberikan senantiasa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

B. Buku dirancang untuk menciptakan proses pembelajaran yang konstruktivis. Karena  itu berbagai konsep tidak langsung dideskripsikan dalam buku, tetapi harus ditemukan siswa melalui berbagai aktivitas, misalnya kegiatan penyelidikan, lab mini, dan lain-lain.

C. Mengedepankan paradigma pembelajaran melalui penemuan, bukan pembuktian. Itulah sebabnya, dalam buku ini siswa harus melakukan berbagai kegiatan terlebih dulu baru mendiskusikan hasilnya untuk menemukan konsep. Bukan memahami konsep dulu baru kemudian melakukan pembuktian secara praktik.

Agar buku ini dapat membantu kalian dalam belajar IPA, kalian harus memperhatikan berbagai bagian/fitur yang ada di dalam buku. Lakukanlah  berbagai kegiatan atau tugas yang ada dalam bagian-bagian tersebut. Jangan hanya membaca uraian/deskripsi materi, karena hal tersebut tidak akan menghasilkan pemahaman yang utuh.

Hal-hal yang akan kalian di pelajari di buku ini antara lain tentang Pengukuran, Klasifikasi Zat, Wujud Zat dan Perubahannya, Perubahan Zat, Pengamatan Gejala Alam, Gerak, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Organisasi Kehidupan dan Keanekaragaman, Ekosistem, Pelestarian Ekosistem, Manusia dan Lingkungannya dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar