Judul
: Contextual Teaching
and Learning IPA VII
Penulis
: Wasis, M.Ibrahim,
Sukarmin, Fida Rahmawati,dll
Penerbit
: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional
Tahun
: 2008
Kelas : VII (Tujuh)
Buku
IPA ini ditulis untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang ditargetkan.
Karena berbasis kompetensi, buku ini tidak hanya memperhatikan penguasaan
konsep, tetapi secara utuh juga membangun sikap dan keterampilan proses siswa.
Tiga
hal yang sangat diperhatikan selama penulisan buku IPA ini adalah :
A.
Buku dirancang untuk mendukung pembelajaran kontekstual. Karena alasan
tersebut, setiap konsep dihubungkan dengan situasi dunia nyata yang dihadapi
siswa. Tugas-tugas yang diberikan senantiasa dikaitkan dengan kehidupan
sehari-hari siswa.
B.
Buku dirancang untuk menciptakan proses pembelajaran yang konstruktivis. Karena
itu berbagai konsep tidak langsung dideskripsikan dalam buku, tetapi
harus ditemukan siswa melalui berbagai aktivitas, misalnya kegiatan
penyelidikan, lab mini, dan lain-lain.
C.
Mengedepankan paradigma pembelajaran melalui penemuan, bukan pembuktian. Itulah
sebabnya, dalam buku ini siswa harus melakukan berbagai kegiatan terlebih dulu
baru mendiskusikan hasilnya untuk menemukan konsep. Bukan memahami konsep dulu
baru kemudian melakukan pembuktian secara praktik.
Agar
buku ini dapat membantu kalian dalam belajar IPA, kalian harus memperhatikan
berbagai bagian/fitur yang ada di dalam buku. Lakukanlah berbagai
kegiatan atau tugas yang ada dalam bagian-bagian tersebut. Jangan hanya membaca
uraian/deskripsi materi, karena hal tersebut tidak akan menghasilkan pemahaman
yang utuh.
Hal-hal
yang akan kalian di pelajari di buku ini antara lain tentang Pengukuran,
Klasifikasi Zat, Wujud Zat dan Perubahannya, Perubahan Zat, Pengamatan Gejala
Alam, Gerak, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Organisasi Kehidupan dan Keanekaragaman,
Ekosistem, Pelestarian Ekosistem, Manusia dan Lingkungannya dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar